Jumat 19 Apr 2024 16:42 WIB

Karomah Amir Bin Abd Qais, Mampu Taklukkan Ular dan Singa

Ia adalah seorang ahli ibadah dan tabiin yang doanya selalu dikabulkan Allah.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto:

Salah satu petuah yang sering disampaikan Amir bin Abd Qais kepada sahabat-sahabatnya adalah: "Barangsiapa yang takut kepada Allah SWT, niscaya Allah SWT akan membuat segala sesuatu menjadi takut kepadanya. Akan tetapi, barangsiapa yang tidak takut kepada Allah SWT, maka Allah SWT juga akan membuatnya menjadi takut terhadap segala sesuatu."

Ungkapan itu benar adanya. Al-Mu'lla bin Ziyad menuturkan bahwa ketika Amir bin Abd Qais sedang beribadah, ada sekelompok kafilah yang melewatinya. Mereka diadang oleh seekor singa di tengah-tengah jalan.

Amir bin Abd Qais pun datang. "Wahai Abu Abdullah," seru salah seorang anggota kafilah tersebut. "Kami khawatir jika Anda dimakan singa."

Ia menjawab, "Binatang itu hanyalah salah satu dari anjing-anjing Allah SWT. Kalau Allah SWT menghendaki binatang itu punya kekuatan, maka Allah SWT (berhak) memberinya kekuatan. Kalau Allah SWT menghendaki membuatnya lemah, pastilah Allah SWT akan melemahkannya."

Setelah berkata-kata demikian, ia maju menghampiri singa itu dan memegang kedua telinganya kemudian menyingkirkannya dari jalan. Akhirnya, kafilah itu melanjutkan perjalanan. Ketika dipuji mengenai peristiwa itu, ia hanya menjawab, "Saya sungguh malu kepada Tuhanku kalau sampai Dia melihat di hatiku ada rasa takut kepada selain-Nya."

Selanjutnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement