Selasa 30 Jul 2024 09:34 WIB

Bangga Jadi Wanita Palestina, Bella Hadid Akhirnya Buka Suara Usai Permintaan Maaf Adidas

Bella Hadid menegaskan, bahwa Palestina tidak sama dengan terorisme.

Red: Andri Saubani
Supermodel berdarah keturunan Palestina, Bella Hadid.
Foto:

Adidas sudah meminta maaf kepada Bella Hadid, setelah supermodel keturunan Palestina-Amerika itu mengancam akan mengajukan gugatan terkait kampanye iklan yang terinspirasi Olimpiade Munich 1972. Pada Jumat pekan lalu, Adidas menarik peredaran iklan produk sepatu SL 72 di mana Bella menjadi modelnya, setelah mendapat tekanan dari kalangan pro-Israel.

"Kami membuat sebuah kesalahan yang tidak disengaja. Kami meminta maaf kepada rekanan kami, Bella Hadid, A$AP Nast, Jules Kounde, dan lainnya, atas dampak negatif terhadap mereka dan kami akan merevisi iklannya," demikian pernyataan perwakilan Adidas Originals, lewat akun Instagram, Selasa (22/7/2024).

Bella Hadid, seperti dilaporkan US Weekly menyewa tim hukum untuk mengulas kegagalan Adidas dalam menghitung potensi publik menghubungkan kampanye iklan sepatu SL 72 dengan tragedi Olimpiade Munich pada 1972. Sebagai keturunan Palestina, Bella Hadid jadi ikut terkena sasaran kecaman dari kelompok pro-Israel.

Komite Yahudi Amerika menilai Adidas sengaja menggunakan "Seorang model yang lantang menyuarakan anti-Israel" dalam iklannya, yang menurut mereka akibat dari, "antara luput dari pengawasan atau penghinaan yang disengaja."

Sebelum kampanye iklannya dicabut oleh Adidas pada Jumat lalu, foto-foto Bella Hadid sempat beredar di media sosial, mengenakan sepatu seri klasik SL 72, yang pernah dirilis pada Olimpiade Munich 1972. Meski kemudian iklan itu dicopot atas tekanan kelompok pro-Israel, Bella Hadid tetap menuai dukungan masif di media sosial, hingga seruan boikot Adidas menggema.

"Dunia bersama Palestina," tulis salah satu warganet.

"Melawan genosida tidak membuatmu antisemit, itu membuatmu menjadi manusia. Palestina Merdeka. Terima kasih, Adidas," ujar warganet lain, sebelum iklan SL 72 dicopot oleh Adidas.

photo
Genosida Atlet Palestina - (Republika)

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement