Kamis 18 Jul 2024 16:26 WIB

MUI Minta RI Segera Kirim TNI ke Gaza dan Boikot Israel di Olimpiade Paris

Dalam delapan bulan terakhir agresi militer Zionis Israel di Gaza sangat brutal.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: A.Syalaby Ichsan
Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan.
Foto:

MUI juga meminta dengan sangat kepada pemerintah untuk meyakinkan dan melindungi bangsa Indonesia dari semua produk Israel dan produk lain yang berafiliasi dengan Israel. Untuk itu, MUI menyerukan kepada pemerintah RI dan seluruh rakyat Indonesia agar melakukan boikot kepada Israel di segala bidang, termasuk produk Israel dan perusahaan yang terafiliasi mendukung agresi Israel dan genosida kepada rakyat Palestina.

"Keempat, MUI bersama ormas-ormas Islam mendorong pemerintah Republik Indonesia untuk mengirimkan tentara bersama-sama dengan wakil dari negara-negara anggota OKI dan negara-negara lain yang selama ini telah memberikan dukungan untuk kemerdekaan kepada Palestina," jelas Buya Amirsyah.

Buya Amirsyah menjelaskan, pengiriman tentara ini dimaksudkan untuk memberikan perlindungan terhadap seluruh masyarakat sipil di Palestina dari genosida Israel, mendorong Israel untuk menghentikan sepenuhnya serangan dan genosida, dan melancarkan bantuan kemanusiaan (humanitarian operation).

photo
Hari ke-250 Genosida - (Republika)

"Kami mendukung komitmen Menhan RI untuk mengirimkan pasukan guna melakukan operasi kemanusiaan di Gaza, meskipun diakui bahwa operasi kemanusiaan saja masih belum cukup untuk mewujudkan penyelesaian damai yang komprehensif," kata Sekjen MUI tersebut.

Buya Amirsyah menambahkan, yang kelima, MUI menyerukan agar Menlu RI dan Menhan RI meningkatkan sinergi dengan MUI dan ormas Islam untuk melakukan diplomasi total guna membantu Palestina mencapai kemerdekaannya.

Untuk itu, MUI bersama ormas-ormas Islam senantiasa menyediakan diri untuk bermitra dengan pemerintah dalam rangka membantu rakyat dan bangsa Palestina melalui berbagai program sesuai dengan kapasitas dan perannya. Bahkan dengan resources dan kapasitas yang MUI miliki, MUI dan seluruh ormas Islam juga siap untuk membersamai TNI yang dikirim ke Palestina melaksanakan misi humanitarian operation di Palestina.

Keenam, sebagai bentuk empati atas nilai-nilai kemanusiaan, MUI mengajak semua masyarakat untuk memboikot Israel agar tidak ikut serta dalam Olimpiade ke-33 Paris tahun 2024.

"Ketujuh, MUI mengajak semua ormas dan masyarakat untuk bersikap hati-hati terhadap berbagai upaya yang dilakukan oleh siapapun, kelompok apapun yang melalui berbagai cara dan program yang melemahkan perjuangan melawan Israel dan membela Palestina," ujar Buya Amirsyah.

Buya Amirsyah mengatakan, demikian pernyataan bersama ini dibuat, sesuai dengan komitmen pada konstitusi UUD RI, dan risalah Islam Rahmatan Lil ‘Alamin, serta spirit solidaritas kemanusiaan (ukhuwah insaniyah).

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement